Wednesday, December 1, 2010

Resep Roti Pizza

Bahan2:

* 250-350ml air hangat2 kuku
* 1 sdm active dried yeast / ragi kering
* 550g white flour, plus sedikit extra untuk dusting
* 1 sdt garam
* ½ sdt lada hitam halus
* 2 sdt madu yg bening (bukan yg terlalu coklat)
* 2 sdm extra virgin olive oil, plus extra untuk brushing

Cara Membuat:

1. Masukan 150ml air ke dalam mangkuk, taburkan ragi kedalamnya. Diaduk2 sampai larut. Diamkan ditempat yang hangat selama 10 menit.
2. Masukan tepung terigu, garam dan lada kedalam sebuah mangkuk besar.
3. Campurkan madu dan olive oil kedalam larutan ragi (nomor 1) sampai tercampur rata.
4. Buat lubang ditengah2 bahan2 kering (nomor 2). Masukan kedalamnya larutan ragi (nomor 3), dicampur dan diaduk2 sampai adonan lembut dan sedikit lengket. Masukan air hangat (sisa air yang sudah disiapkan tadi) kedalamnya, sedikit demi sedikit, sampai tercampur rata dan konsistensinya tepat.
5. Pindahkan adonan tsb ke permukaan yang sudah ditaburi sedikit tepung supaya tidak lengket (bisa meja, bisa talenan dll), taburkan sedikit tepung di kedua tangan. Ulenin adonan selama 10 menit sampai halus
6. Lapisi sebuah mangkuk besar dengan sedikit minyak – mangkuknya harus cukup besar untuk memberi tempat adonan tsb untuk berkembang (dua kali lipat ukuran sebelumnya). Letakan adonan didalamnya, tutup mangkuk tsb dengan plastik clingwrap. Diamkan ditempat yang hangat selama 1-2 jam.
7. Waktu adonannya sudah membesar dua kali ukuran semula, buka plastik penutup, lalu tinju adonan tsb ditengah2 :-p. Keluarkan adonan dari mangkuk dan diuleni lagi sampai halus. Bagi menjadi 5 buletan. diamkan adonan tsb selama beberapa waktu sebelum dibentuk.
8. Untuk membentuk adonan, ambil satu buletan adonan tsb, letakan di permukaan meja yang sudah ditepungi sedikit. Beri sedikit tepung diatas buletan tsb. Tekan buletan tsb (dibuat jadi agak gepeng maksudnya), dengan memakai jari. Ambil adonan yg sudah gepeng tsb, lalu “dibanting” ke permukaan meja yg sudah ditepungi tadi. Ulangi beberapa kali. Genggam dengan tangan, lalu pinggirnya agak distretch2 pelan2.
9. Letakan adonan di atas loyang pizza yang sudah diberi tepung (atau bisa juga diatas kertas baking), beri saus tomat (resep dibawah) dan topping kesukaan, keju mozzarella dan dipanggang sampai topping / keju meleleh dan ujung pizza sudah crispy.

No comments:

Post a Comment