Wednesday, April 27, 2011

Spinach Lasagna

000_13551.jpg

BAHAN2 UTAMA

- 1 sdt minyak sayur *)
- 225 gr lasagna kering *)
- 2 liter air untuk merebus *)
- 1/2 sdt garam *)
- 200 gram bayam **)
- 100 gram keju cheddar parut untuk taburan
- 50 gr keju parmesan parut untuk taburan ***)

*) minyak sayur, air dan garam dipakai kalau lasagna-nya direbus dulu sebelum disusun di pinggan. Rebusnya jangan sampai lembek yah, al dente aja, atau setengah matang juga oke. Kalau gue pake instant lasagna sheets yang ngga perlu direbus dulu, jadi kering2 langsung bisa disusun di pinggan, hasilnya sama enaknya.

**) Kalau pakai bayam segar, diambil daunnya, direbus dan dipotong/dicincang. Bisa juga pakai frozen spinach. Sebelum disusun di pinggan, peras dulu sampai airnya keluar semua dari bayamnya.

***) Keju parmesan jangan pakai yg bubuk2 itu. Kalau bisa beli parmesan segar di bagian lemari dinginnya supermarket, lalu diparut sendiri, atau ada juga yg udah dijual paketan dan sudah diparut.

BAHAN SAUS DAGING:

- 1 sdt garam
- 1 sdt lada
- 1 sdt oregano kering
- 1 siung bawang putih, cincang halus
- 100 gr bawang bombay, cincang halus
- 1/2 sdt basil kering
- 1/2 sdt gula
- 100 ml air
- 170 gr tomat pasta
- 500 gram tomat, kupas, cincang (pakai yg kalengan juga boleh, lebih bagus lagi kalau yg sudah ada aroma garlic dan basil, jadi ngga usah repot2 beli basil lagi -kalo pas kebetulan dirumah ngga ada basil-)
- 2 sdm mentega
- 500 gram daging sapi cincang

BAHAN SAUS KEJU:

- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1/4 sdt pala bubuk
- 125 gr keju cheddar parut
- 150 ml krim cair
- 600 ml susu cair
- 75 gram mentega
- 75 gram tepung terigu

CARA MEMBUAT:

1. Rebus lasagna dengan air mendidih, masukan garam dan minyak, sampai al dente, angkat, rendam air dingin sebentar, tiriskan (kalau pake lasagna instan, langkah ini bisa diskip).

2. Buat saus daging: lumerkan mentega, masukan bawang bombay dan bawang putih hingga harum, lalu masukan daging cincang. Kemudian masukan tomat, tomat pasta, air, oregano, basil, garam, lada dan gula. Aduk2 sampai rata dan kental. Sisihkan.

3. Buat saus keju: lumerkan mentega, masukan tepung terigu, aduk2 sampai rata. Kemudian masukan susu, krim, aduk2 sampai rata, masukan keju, pala bubuk, lada, garam. Aduk2 lagi sampai rata. Sisihkan.

4. Olesi pinggan dengan mentega (ukuran 28×18x6), gue pakenya sih agak gedean dikit abisnya ngga punya yg persis ukuran itu, ngga papa.

5. Susun lasagna di dasar pinggan, lalu susun 1/3 bayam, 1/3 saus daging, 1/3 saus keju. Ulangi sampai semua bahan abis :D

6. Taburi keju parmesan dan cheddar diatasnya.

7. Panggang dengan suhu 180°C sampai matang dan keju kecoklatan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment