Monday, December 12, 2011

Menghilangkan Biji Cabai


Dalam beberapa resep masakan, seringkali Anda diharuskan untuk menghilangkan biji cabai. Namun, biji cabai ini kadang agak sulit untuk dipisahkan dari cabainya. "Biasanya untuk melepaskan biji cabai ini Anda harus membelah cabai dan mengorek biji cabai ini dengan pisau," ungkap pengamat kuliner Olivia Wongso, saat demo masak "Masakan Andalanku" yang diadakan Kecap ABC Black Gold di Carrefour MT Haryono, Jakarta Timur, Sabtu (10/12/2011) lalu.

Menurut Olivia, ada satu cara yang bisa digunakan untuk mempermudah Anda melepaskan biji ini dari cabai. Awalnya, potong bagian pangkal cabai ini, lalu posisikan lubang pangkal cabai ini di bagian bawah. Kemudian putar-putar cabai ini dengan menggunakan bantuan kedua telapak tangan. Buat gerakan seperti ketika menggosok kedua telapak tangan.

Gerakan ini akan menekan bagian dinding cabai dengan cepat sehingga membuat biji cabai akan lebih mudah terlepas dan berjatuhan ke bawah. Semakin cepat dan kuat Anda memutar cabai ini makan biji cabai akan semakin banyak lepas dan terjatuh dari cabai.

"Tapi jika ingin bijinya benar-benar hilang dan bersih, setelah ini, cabai juga bisa dibelah dan dibersihkan kembali," tukas Olivia. "Cabai besar lebih mudah dihilangkan bijinya dibanding cabai keriting," tambahnya.

No comments:

Post a Comment