Wednesday, June 29, 2011

Makan Apel Sebelum Bersepeda!

Yuk, Makan Apel Sebelum Bersepeda!

Akan melakukan funbike saat libur besok? Pastikan Anda makan makanan yang cukup nutrisi untuk memberikan tenaga cukup saat bersepeda. Apel, jeruk dan kurma termasuk makanan terbaik untuk dimakan agar energi penuh Anda dapatkan saat mengayuh sepeda.

Bersepeda seperti menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan masa kini. Di setiap Minggu selalu diadakan acara funbike yang digelar di Jakarta. Untuk menjaga stamina Anda saat bersepeda tidak hanya bergantung pada minuman penambah energi saja, makanan yang dimakan sebelum bersepeda juga berperan. Makan makanan yang benar tidak hanya baik dilakukan sebelum bersepeda tapi bisa juga dilakukan sebelum bekerja lembur.

Para peneliti di University of Hull, Inggris menemukan fakta bahwa siapa saja yang makan makanan dengan kadar kadar glycemic index(GI) tertentu dapat mendorong kinerja seseorang. Glycemic Index (GI) adalah skala karbohidrat yang berpengaruh pada kadar gula darah. Index ini berdasarkan pada karbohidrat yang masuk tidaklah sama dengan kadar gula yang dihasilkan.

Sebagai contoh, kue dan apel yang sama-sama memiliki jumlah kalori dan karbohidrat sama tapi kue dapat menyebabkan gula darah meningkat ke level tertinggi namun menurunkan energi ke level terendah. Hal ini berbanding terbalik dengan apel yang bisa memberikan anergi sesudahnya karena kadar glycemic indexnya yang lebih rendah.

Contoh kasus lainnya yang dilakukan oleh para peneliti ini adalah dengan membandingkan dua orang pengendara sepeda yang bersepeda sejauh 40 km. Pengendara pertama makan makanan yang mengandung kadar GI rendah, sedangkan pengendara kedua makan cornflakes dengan susu rendah lemak dengan kadar GI 72 45 menit sebelum bersepesa. Pengendara pertama dengan GI rendah menyelesaikan lintasan lebih cepat dibandingkan pengendara kedua yang makan makanan tinggi GI.

Dengan kata lain, makanan yang mengandung GI rendah memberikan keuntungan karena pembakaran dilakukan lebih efektif. Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel, dan kurma sebelum melakukan aktivitas bersepeda. Buah-buahan ini mengandung kadar GI sebanyak 40 dan bisa dijadikan camilan Anda sebelum bersepeda atau lembur di kantor.

No comments:

Post a Comment