Sunday, May 15, 2011

Kasiat Kapulaga, Kuning Telur, Susu, Madu


Kasiat Kapulaga, Kuning Telur, Susu, Madu

Kapulaga

Lazim digunakan untuk bumbu gulai. Kandungan minyak atsiri dan senyawa sineol menjadikan kapulaga (Amomium Cardamomum) ampuh menyembuhkan masuk angin dan perut kembung.

Kuning Telur

Warna kuning muda sampai keemasan yang dimiliki kuning telur adalah akibat pigmen-pigmen karotenoid. Didalamnya mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk perkembangan jaringan otak, saraf, dan retina. Hasil penelitian menunjukan, karotenoid kuning telur berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung sistem kekebalan tubuh.

Susu

Susu mengandung gizi makro dan mikro. Artinya, tidak hanya semua vitamin dan mineral, tapi juga mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Khasiatnya pun beragam, mulai dari membantu proses pertumbuhan dan perkembangan hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Madu

Salah satu keunikan madu adalah kandungan zat antibiotiknya yang mampu melawan serangan kuman patogen penyebab penyakit. Kamaruddin, peneliti di departement of Biochemistry, Faculty of Medicine, University of Malaya di Malaysia (1997) menyebutkan, madu mengandung zat antimikrobial, penghambat penyakit seperti ISPA (Infeksi Saluran pernapasan atas), batuk, demam, luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaaqn, dan penyakit kulit.

No comments:

Post a Comment